Habibie Festival, Penghargaan Untuk Pak Habibie

Semua rakyat Indonesia pasti tahu akan tokoh nasional ini, Bacharuddin Jusuf Habibie (B.J. Habibie). Ya, beliau adalah mantan Presiden Republik Indonesia ke-3 setelah Soekarno dan Soeharto. Memperingati Ulang Tahun beliau dan dedikasinya untuk Indonesia maka akan diadakan suatu acara, Habibie Festival yang bertempat di Museum Nasional, Jakarta dari tanggal 11 – 14 Agustus 2016.

Habibie Festival 2016 - 11 - 14 Agustus di Museum Nasional


Sosok yang satu ini memang telah lama mengabdi bagi Indonesia, khususnya perkembangan riset dan  teknologi di tanah air. Beliau merupakan menteri riset dan teknologi terlama di Indonesia, 20 tahun!
Hal itu menandakan bahwa kepintaran seorang B.J. Habibie memang dibutuhkan oleh Indonesia. Kenapa beliau begitu diandalkan rakyat Indonesia dalam hal pengembangan teknologi? Siapa Rudy Habibie, panggilan akrab beliau, di mata rakyat Indonesia?

Sebelum Anda berkunjung ke festival yang dipersembahkan untuk beliau, ada baiknya Anda mengingat kembali jejaknya untuk Indonesia. Berikut profil singkatnya.

B.J. Habibie lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936. Gelar sarjana beliau cukup banyak sehingga jika disebutkan lengkap dengan namanya menjadi Prof. Dr.-Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng.

B.J. Habibie lahir dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspowardojo. Beliau merupakan anak ke-4 dari 8 bersaudara. Beliau lahir di keluarga yang sederhana.
B.J. Habibie menikahi Hasri Ainun Besari pada tanggal 12 Mei 1962. Pasangan ini dikaruniai dua orang putra, Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie.

Ia pernah bersekolah di SMAK Dago lalu mempelajari teknik mesin di Universitas Indonesia Bandung (kini Institut Teknologi Bandung, ITB) pada tahun 1954. Hanya setahun di ITB, ia terbang ke Jerman Barat melanjutkan studi teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang, di RWTH Aachen.

Beliau lulus dengan menerima gelar diplom ingenieur pada 1960 dan gelar doktor ingenieur pada 1965 dengan predikat summa cum laude. Atas permintaan mantan Presiden Soeharto, beliau pulang ke Indonesia di tahun 1973.

Sejak tahun 1978 hingga Maret 1998, beliau menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi. Karir politik beliau pun meningkat cepat dengan menjabat sebagai Wakil Presiden di tahun 1998 lalu menjadi Presiden RI menggantikan Presiden Soeharto di tahun yang sama.

Kini setelah tidak lagi berkecimpung dalam dunia politik namun dedikasi beliau terhadap perkembangan riset dan teknologi Indonesia akan selalu diingat. Oleh karena itu, demi mengenang jasa-jasa beliau untuk Indonesia maka diadakanlah festival untuk beliau.

Apa saja yang bisa Anda temukan di festival ini ?


Habibie Festival Untuk Kemajuan Indonesia

Tema acara khusus ini memperingati Ulang Tahun ke-80 beliau dan pengabdiannya untuk Indonesia sehingga pameran, talkshow, dan lain-lain akan berkaitan dengan warisan teknologi dari B.J.Habibie.
Selain itu, ada juga pameran dan talkshow tentang berbagai teknologi sedang berkembang atau ditemukan di Indonesia. Festival ini juga cocok bagi semua anggota keluarga karena akan ada pameran ilmu pengetahuan dimana anak-anak dan pengunjung bisa ikut mencoba berbagai eksperimen yang tersedia.

Show ilmu untuk anak di Habibie Festival 2016

Film yang mengangkat kisah Habibie dan istrinya, Ainun, juga diperbincangkan di festival ini. Seperti sudah kita ketahui bersama bahwa kedua film Habibie meledak di pasaran dengan jumlah penonton sangat banyak. Ini berarti kisah hidup beliau memang menarik untuk disimak.

Workshop 3D-Printing di Habibie Festival 2016. 

Dengan berbagai pameran dan talkshow menarik maka acara ini akan sayang untuk dilewatkan. Ayo kunjungi Habibie Festival 2016 di Museum Nasional! Jadikan momen ini sebagai gerakan Indonesia berkarya.

Habibie Festival 2016
www.habibiefestival.com
www.facebook.com/habibiefestival
www.twitter.com/habibiefestival
www.instagram.com/habibiefestival

No comments

Powered by Blogger.